Syarat Pelaksanaan Proses Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran ;Aktivitas Pendahuluan, Inti Dan Penutup Pada Implementasi Kurikulum 2019
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan kembali share mengenai Kurikulum 2019 khususnya tentang syarat pelaksanaan proses pembelajaran & pelaksanaan pembelajaran ; kegiatan pendahuluan, inti dan penutup pada implementasi Kurikulum 2019 selengkapnya sebagai berikut:
1. Alokasi Waktu Jam Tatap Muka Pembelajaran
a. SD/MI : 35 menit
b. SMP/MTs : 40 menit
c. SMA/MA : 45 menit
d. SMK/MAK : 45 menit
2. Buku Teks Pelajaran
Buku teks pelajaran digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas yang jumlahnya diubahsuaikan dengan kebutuhan akseptor didik.
3. Pengelolaan Kelas
a. Guru menyesuaikan pengaturan daerah duduk akseptor didik sesuai dengan tujuan dan karakteristik proses pembelajaran.
b. Volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh akseptor didik.
c. Guru wajib menggunakan kata-kata santun, lugas dan mudah dimengerti oleh akseptor didik.
d. Guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan berguru akseptor didik.
e. Guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.
f. Guru menunjukkan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil berguru akseptor didik selama proses pembelajaran berlangsung.
g. Guru mendorong dan menghargai akseptor didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat.
h. Guru berpakaian sopan, bersih, dan rapi.
i. Pada tiap awal semester, guru menjelaskan kepada akseptor didik silabus mata pelajaran; dan
j. Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
1. Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b. memberi motivasi berguru siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi didik dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan referensi dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
c. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
e. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2. Kegiatan Inti
Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan problem (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
a. Sikap
Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih adalah proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakukan kegiatan tersebut.
b. Pengetahuan
Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, hingga mencipta. Karakteristik kegiatan berguru dalam domain pengetahuan ini memiliki perbedaan dan kesamaan dengan kegiatan belajar dalam domain keterampilan. Untuk memperkuat pendekatan saintifik, tematik terpadu, dan tematik sangat disarankan untuk menerapkan berguru berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning).
Untuk mendorong akseptor didik menghasilkan karya kreatif dan kontekstual, baik individual maupun kelompok, disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).
c. Keterampilan
Keterampilan diperoleh melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh isi materi (topik dan sub topik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan harus mendorong siswa untuk melaksanakan proses pengamatan hingga penciptaan. Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melakukan pembelajaran yang menerapkan modus berguru berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning) dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama siswa baik secara individual maupun kelompok melaksanakan refleksi untuk mengevaluasi:
a. seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak pribadi dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c. melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pinjaman tugas, baik peran individual maupun kelompok; dan
d. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Syarat Pelaksanaan Proses Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran ;Aktivitas Pendahuluan, Inti Dan Penutup Pada Implementasi Kurikulum 2019"