Standar Kompetensi Lulusan (Skl) Dan Kompetensi Inti (Ki) Sd, Smp, Sma,Smk Kurikulum 2019
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan kembali share seputar Kurikulum 2019 yaitu mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI) SD, SMP, SMA, SMK Kurikulum 2019 selengkapnya sebagai berikut.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2019 untuk setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2019 perihal Standar Kompetensi Lulusan.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2019 untuk setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2019 perihal Standar Kompetensi Lulusan.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SD KURIKULUM 2019 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah ajaib dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya. |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan tragedi di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMP KURIKULUM 2019 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulannya |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah ajaib dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan tragedi yang tampak mata |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA KURIKULUM 2019 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah ajaib dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara berdikari [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan tragedi [pada bidang kajian spesifik] sesuai bakat dan minatnya |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMK KURIKULUM 2019 | |
Sikap | Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
Keterampilan | Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah ajaib dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara berdikari [pada bidang kerja spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya |
Pengetahuan | Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan tragedi [pada bidang kerja spesifik] sesuai bakat dan minatnya |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) – RINGKAS :
DOMAIN | SD | SMP | SMA-SMK |
Sikap | Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan | ||
PRIBADI YANG BERIMAN, BERAKHLAK MULIA, PERCAYA DIRI, DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM BERINTERAKSI SECARA EFEKTIF DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL, ALAM SEKITAR, SERTA DUNIA DAN PERADABANNYA | |||
Keterampilan | Mengamati + Menanya + Mencoba + Menalar + Menyaji + Mencipta | ||
PRIBADI YANG BERKEMAMPUAN PIKIR DAN TINDAK YANG PRODUKTIF DAN KREATIF DALAM RANAH ABSTRAK DAN KONKRET | |||
Pengetahuan | Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa + Mengevaluasi +Mencipta | ||
PRIBADI YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, SENI, BUDAYA DAN BERWAWASAN KEMANUSIAAN, KEBANGSAAN, KENEGARAAN, DAN PERADABAN |
Gradasi antar Satuan Pendidikan memperhatikan:
1. Perkembangan psikologis anak
2. Lingkup dan kedalaman materi
3. Kesinambungan
4. Fungsi satuan pendidikan
5. Lingkungan
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) DAN KOMPETENSI INTI (KI) :
SKL | è | KOMPETENSI INTI |
SIKAP DAN PERILAKU: Menerima + Menjalankan + Menghargai + Menghayati + Mengamalkan | 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai belahan dari solusi atas aneka macam permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. | |
1. Beriman, berakhlak mulia (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun), rasa ingin tahu, estetika, percaya diri, motivasi internal 2. Toleransi, gotong royong, kerjasama, dan musyawarah 3. Pola hidup sehat, ramah lingkungan, patriotik, dan cinta perdamaian | ||
KETERAMPILAN: Mengamati + Menanya + Mencoba + Mengolah + Menyaji + Menalar + Mencipta | ||
1. Membaca, menulis, menghitung, menggambar, mengarang 2. Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, membuat, mencipta | ||
PENGETAHUAN: Mengetahui + Memahami + Menerapkan + Menganalisa + Mengevaluasi | ||
1. Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya 2. Manusia, bangsa, negara, tanah air, dan dunia |
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Standar Kompetensi Lulusan (Skl) Dan Kompetensi Inti (Ki) Sd, Smp, Sma,Smk Kurikulum 2019"