Sistem Penilaian Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatanpenilaian, Dan Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum 2019
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik.
Penilaian merupakan serangkaian program untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data wacana proses dan hasil berguru akseptor didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi info yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik.
Penilaian merupakan serangkaian program untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data wacana proses dan hasil berguru akseptor didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi info yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Penilaian mampu dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan sehabis pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk)
I. PRINSIP PENILAIAN KURIKULUM 2019
1. Sahih
2. Objektif
3. Adil
4. Terpadu
5. Ekonomis
6. Transparan
7. Menyeluruh dan kesinambungan
8. Sistematis
9. Akuntabel
10. Edukatif
II. PENDEKATAN PENILAIAN KURIKULUM 2019
1. Pendekatan penilaian yang digunakan yaitu penilaian rujukan kriteria (PAK)
2. PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
3. KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
4. KKM Sikap : Baik
Baca Juga
- Mendikbud Pastikan Integrasi Aplikasi Dapodik Dan Kurikulum 2019 – Diluar Penetapan Itu, Pilihannya Hanya Kurikulum 2006
- Batas Pengusulan Penerapan Kurikulum 2019 Paling Lambat 2 Januari 2019
- Download Juknis Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2019 –Sekolah Dinas Akan Input Form Ajuan K-13 Ke Web Dapodikdaskemdikbud
III. RUANG LINGKUP PENILAIAN KURIKULUM 2019
1. Sikap :
a. Observasi
b. Penilaian diri
c. Penilaian antar peserta didik
d. Jurnal
2. Pengetahuan :
a. Tes Tulis
b. Tes Lisan
c. Penugasan
3. Keterampilan :
a. Tes Praktek
b. Projek
c. Portofolio
IV. SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2019
NO. | JENIS PENILAIAN | PELAKU | WAKTU |
1 | Penilaian otentik | Guru | Berkelanjutan |
2 | Penilaian diri | Siswa | Tiap kali sebelum ulangan harian. |
3 | Penilaian projek | Guru | tiap simpulan cuilan atau tema pelajaran |
4 | Ulangan harian (dapat berbentuk penugasan) | Guru | terintegrasi dengan proses pembelajaran |
5 | Ulangan Tengah dan Akhir Semester | Guru (di bawah koordinasi satuan pendidikan) | Semesteran |
6 | Ujian Tingkat Kompetensi | Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah) | Tiap tingkat kompetensi yang tidak bersamaan dengan UN |
7 | Ujian Mutu Tingkat Kompetensi | Pemerintah | Tiap simpulan tingkat kompetensi (yang bukan simpulan jenjang sekolah) |
8 | Ujian Sekolah | Sekolah (sesuai dengan peraturan) | Akhir jenjang sekolah |
9 | Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat Kompetensi pada simpulan jenjang satuan pendidikan. | Pemerintah (sesuai dengan peraturan) | Akhir jenjang sekolah |
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Sistem Penilaian Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatanpenilaian, Dan Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum 2019"