Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Penilaian Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatanpenilaian, Dan Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil berguru Peserta Didik

Penilaian merupakan serangkaian program untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data wacana proses dan hasil berguru akseptor didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi info yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Penilaian mampu dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan sehabis pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk)

I. PRINSIP PENILAIAN KURIKULUM 2019

1.      Sahih
2.      Objektif
3.      Adil
4.      Terpadu
5.      Ekonomis
6.      Transparan
7.      Menyeluruh dan kesinambungan
8.      Sistematis
9.      Akuntabel
10.    Edukatif

II. PENDEKATAN PENILAIAN KURIKULUM 2019

1.   Pendekatan penilaian yang digunakan yaitu penilaian rujukan kriteria (PAK)
2.   PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
3.   KKM Pengetahuan dan Keterampilan : > 2.66
4.   KKM Sikap : Baik
III. RUANG LINGKUP PENILAIAN KURIKULUM 2019

1. Sikap :

    a.   Observasi
    b.    Penilaian diri
    c.    Penilaian antar peserta didik
    d.    Jurnal

2. Pengetahuan :

    a.   Tes Tulis
    b.    Tes Lisan
    c.    Penugasan

3. Keterampilan :

    a.   Tes Praktek
    b.    Projek
    c.    Portofolio

IV. SISTEM PENILAIAN KURIKULUM 2019
NO.
JENIS PENILAIAN
PELAKU
WAKTU
1
Penilaian otentik
Guru
Berkelanjutan
2
Penilaian diri
Siswa
Tiap kali sebelum ulangan harian.
3
Penilaian projek
Guru
tiap simpulan cuilan atau tema pelajaran
4
Ulangan harian (dapat berbentuk penugasan)
Guru
terintegrasi dengan proses pembelajaran
5
Ulangan Tengah dan Akhir Semester
Guru (di bawah koordinasi satuan pendidikan)
Semesteran
6
Ujian Tingkat Kompetensi
Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah)
Tiap tingkat kompetensi yang tidak bersamaan dengan UN
7
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi
Pemerintah
Tiap simpulan tingkat kompetensi (yang bukan simpulan jenjang sekolah)
8
Ujian Sekolah
Sekolah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah
9
Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat Kompetensi pada simpulan jenjang satuan pendidikan.
Pemerintah (sesuai dengan peraturan)
Akhir jenjang sekolah

Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Sistem Penilaian Kurikulum 2019, Prinsip Penilaian, Pendekatanpenilaian, Dan Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum 2019"