Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Penilaian Kurikulum 2019 Sd, Smp, Sma, Dan Smk – Bahanpendampingan Kurikulum 2019 Lengkap

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini saya akan share warta mengenai Pedoman Penilaian Kurikulum 2019 SD, SMP, SMA, dan SMK – Materi Pendampingan Kurikulum 2019 Lengkap, selengkapnya sebagai berikut:

Laporan penilaian pada implementasi kurikulum 2019 memuat diskripsi umum ditulis dalam bentuk narasi meliputi aspek:

1.  Sikap Spiritual : Diisi oleh guru dengan kalimat aktual perihal aspek menerima,menjalankan dan menghargai anutan agama yang dianutnya aspek mengatakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air.

2.  Sikap Sosial : Diisi oleh guru dengan kalimat aktual perihal aspek kemampuan mengurus diri sendiri, rasa keingintahuan,ketepatan melaksanakan tugas, merampungkan perkara bersama dengan benar, perilaku percaya diri, menjalankan norma.

3.  Keterampilan : Diisi oleh guru dengan kalimat aktual perihal aspek melaporkan peran yang diberikan, aktif bergaul bersama sahabat dan guru, menghasilkan karya yang estetis, menjalankan program sesuai dengan minat dan bakat, kemampuan menanya dengan bahasa yang jelas, logis dan sistematis.

4.  Pengetahuan : Diisi oleh guru dengan kalimat aktual perihal aspek mengingat dan memahami kompetensi per mata pelajaran.

Laporan penilaian yang memuat aspek rinci pada perilaku spiritual, perilaku sosial dan ketrampilan diisi dengan cara mengatakan cek (√) pada kolom capaian yang sesuai .
Laporan penilaian pengetahuan pada kolom prestasi ditulis dalam bentuk angka (0 sampai 100) meliputi aspek pemahaman pengetahuan factual dan konsep terhadap kompetensi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; Bahasa Indonesia; Matematika; Ilmu Pengetahuan Alam; Ilmu Pengetahuan Sosial; Seni Budaya dan Prakarya; Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan.

Laporan penilaian pengetahuan pada kolom upaya ditulis dengan narasi diperoleh dari proses keikutsertaan dalam pembelajaran. (A: sangat baik, B: baik, C: cukup, D: perlu pengembangan). Laporan perkembangan fisik/kesehatan dilakukan melalui proses penilaian diri (self assessment) antara pendidik dan peserta didik.

Berikut links unduhan file terkait Pedoman Penilaian Kurikulum 2019 SD, SMP, SMA, DAN SMK serta Materi Pendampingan Kurikulum 2019 selengkapnya, silahkan download/unduh pada links di bahwa ini:

1.      Download Bahan bimbing RPP
2.      Download Pedoman Penilaian SD (Buku Rapor)
9.      Download Pedoman Peniaian SMA
10.    Download Pendekatan Saintifik
12.    Download Supervisi Akademik
36.    Download Discovery Learning (PPT)
37.    Download Project Base Learning (PPT)
38.    Download Problem Base Learning (PPT)
41.    Download Contoh RPP (DOC)


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Pedoman Penilaian Kurikulum 2019 Sd, Smp, Sma, Dan Smk – Bahanpendampingan Kurikulum 2019 Lengkap"