Alokasi Waktu Training Pramuka, Pelaksanaan, Dan Penilaian Acarapramuka Sd, Smp, Sma / Smk (Sederajat) Pada Implementasi Kurikulum 2019
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Persyaratan Pelaksanaan Proses Pelatihan Pramuka
Alokasi Waktu Jam Pelatihan Pramuka per Minggu : SD/MI : 2 x 35 menit. SMP/MTs: 2 x 40 menit. SMA/MA: 2 x 45 menit. SMK/MAK : 2 x 45 menit.
Pengelolaan Pelatihan Pramuka
Pelatih menyesuaikan kawasan pembinaan peserta didik sesuai dengan tujuan dan karakteristik proses Pelatihan Pramuka. Volume dan intonasi suara Pelatih dalam proses Pelatihan Pramuka harus sanggup didengar dengan baik oleh peserta didik.
Pelatih wajib menggunakan kata-kata santun, lugas dan praktis dimengerti oleh peserta didik. Pelatih menyesuaikan bahan dengan kecepatan dan kemampuan penerimaan peserta didik. Pelatih menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan dalam menyelenggarakan proses Pelatihan Pramuka.
Pelatih wajib menggunakan kata-kata santun, lugas dan praktis dimengerti oleh peserta didik. Pelatih menyesuaikan bahan dengan kecepatan dan kemampuan penerimaan peserta didik. Pelatih menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan dalam menyelenggarakan proses Pelatihan Pramuka.
Pelatih mengatakan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil berguru peserta didik selama proses Pelatihan Pramuka berlangsung.
Pelatih mendorong dan menghargai peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Pelatih berpakaian sopan, bersih, dan rapi. Pada tiap awal semester, Pelatih menjelaskan kepada peserta didik silabus bahan materi pelatihan; dan Pelatih memulai dan mengakhiri proses Pelatihan Pramuka sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
Pelatih mendorong dan menghargai peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Pelatih berpakaian sopan, bersih, dan rapi. Pada tiap awal semester, Pelatih menjelaskan kepada peserta didik silabus bahan materi pelatihan; dan Pelatih memulai dan mengakhiri proses Pelatihan Pramuka sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
Pelaksanaan Pelatihan Pramuka
Pelaksanaan Pelatihan Pramuka merupakan implementasi dari Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK), mencakup kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
Baca Juga
- Syarat Kecakapan, Keterampilan Dan Pengetahuan Kepramukaan Yang Sanggupmembentuk Abjad Penerima Didik Dari Program Pramuka Pada Implementasikurikulum 2019
- Sejarah, Pengertian Dan Dasar Gerakan Pramuka, Serta Tujuan Dan Fungsiaktivitas Ekstrakurikuler Kepramukaan Di Sekolah Pada Implementasikurikulum 2019
- Macam-Macam Jenis Game/Permainan Menyenangkan Dalam Pramuka
Pada Kegiatan inti model Pelatihan Pramuka, metode Pelatihan Pramuka, media Pelatihan Pramuka, dan alat serta bahan yang diadaptasi dengan karakteristik peserta didik pramuka. Pengoperasionalan pendekatan saintifik, model pembelajaran inkuiri, discoveri, project based learning, dan persoalan based learning diadaptasi dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan, dan peserta didik. Kompetensi tersebut mencakup 3 ranah, adalah sikap pengetahuan, dan keterampilan.
Penilaian Kegiatan Pramuka
Penilaian wajib diberikan terhadap kinerja peserta didik pramuka dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penilaian dilakukan secara kualitatif.
Peserta didik diwajibkan untuk menerima nilai memuaskan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang merupakan ekstrakurikuler wajib pada setiap semester. Nilai yang diperoleh pada kegiatan ekstrakurikuler wajib Kepramukaan berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik. Nilai di bawah memuaskan dalam dua semester atau satu tahun mengatakan eksekusi bahwa peserta didik tersebut harus mengikuti acara khusus yang diselenggarakan bagi mereka.
Satuan pendidikan sanggup dan perlu mengatakan penghargaan kepada peserta didik yang memiliki prestasi sangat memuaskan atau cemerlang dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penghargaan tersebut diberikan untuk pelaksanaan kegiatan dalam satu kurun waktu akademik tertentu; misalnya pada setiap final semester, final tahun, atau pada waktu peserta didik telah merampungkan seluruh acara pembelajarannya.
Penghargaan tersebut memiliki arti sebagai suatu sikap menghargai prestasi seseorang. Kebiasaan satuan pendidikan mengatakan penghargaan terhadap prestasi baik akan menjadi cuilan dari diri peserta didik setelah mereka merampungkan pendidikannya. Teknik penilaian yang dilakukan guru mencakup :
1) Penilaian dilakukan melalui banyak sekali cara yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam bentuk Tes dan non tes, baik tulis, lisan, maupun praktik;
2) Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur,
3) Penilaian sikap dilakukan melalui pengamatan, penilaian sobat sejawat, maupun dengan menggunakan jurnal.
4) Pelaporan nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
Pelaksanaan acara kegiatan ekstrakurikuler pramuka perlu dilakukan evaluasi.Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan dan efiesiensi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka termasuk kendala dan persoalan serta solusi yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
Dengan penilaian ini diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan dalam memperbaiki pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka semoga menjadi lebih baik pada masa mendatang.
Dengan penilaian ini diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan dalam memperbaiki pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka semoga menjadi lebih baik pada masa mendatang.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Alokasi Waktu Training Pramuka, Pelaksanaan, Dan Penilaian Acarapramuka Sd, Smp, Sma / Smk (Sederajat) Pada Implementasi Kurikulum 2019"