Penilaian Autentik ; Penilaian Kinerja, Penilaian Projek, Evaluasiportofolio, Penilaian Tertulis, Dan Langkah-Langkah Serta Hasil Selesaipembelajaran Kurikulum 2019
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...
Penilaian autentik (asli, data, nyata, valid, atau reliabel) dari hasil berguru peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang merupakan hasil dari penilaian, pengukuran, pengujian, atau penilaian (Assessment).
Penilaian autentik terbagi menjadi 4 macam, ialah :
Penilaian autentik (asli, data, nyata, valid, atau reliabel) dari hasil berguru peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang merupakan hasil dari penilaian, pengukuran, pengujian, atau penilaian (Assessment).
Penilaian autentik terbagi menjadi 4 macam, ialah :
1. Penilaian Kinerja
Penilaian melibatkan partisipasi peserta didik, khususnya dalam proses dan aspek-aspek yang akan dinilai.
Guru sanggup melakukannya dengan meminta para peserta didik menyebutkan unsur-unsur peran yang akan mereka kerjakan untuk menentukan kriteria penyelesaiannya.
Cara merekam hasil penilaian berbasis kinerja :
1. Daftar cek (checklist).
2. Catatan anekdot/narasi (anecdotal/narative records).
3. Skala penilaian (rating scale).
4. Memori atau ingatan (memory approach), dan sebagainya.
2. Penilaian Projek
Kegiatan penilaian terhadap peran yang harus diselesaikan oleh peserta didik menurut periode/waktu tertentu.
Penyelesaian tugas dimaksud berupa investigasi yang dilakukan oleh peserta didik, mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, analisis, dan penyajian data.
Tiga hal yang perlu diperhatian guru dalam penilaian projek:
1. Keterampilan peserta didik dalam memilih topik, mencari dan mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis, memberi makna atas gosip yang diperoleh, dan menulis laporan.
2. Kesesuaian atau relevansi materi pembelajaran dengan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh peserta didik.
3. Keaslian sebuah projek pembelajaran yang dikerjakan atau dihasilkan oleh peserta didik.
3. Penilaian Portofolio
Baca Juga
- Mendikbud Pastikan Integrasi Aplikasi Dapodik Dan Kurikulum 2019 – Diluar Penetapan Itu, Pilihannya Hanya Kurikulum 2006
- Batas Pengusulan Penerapan Kurikulum 2019 Paling Lambat 2 Januari 2019
- Download Juknis Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2019 –Sekolah Dinas Akan Input Form Ajuan K-13 Ke Web Dapodikdaskemdikbud
Penilaian atas kumpulan artefak yang menunjukkan kemajuan dan dihargai sebagai hasil kerja dari dunia nyata. Penilaian portofolio bisa berangkat dari hasil kerja peserta didik secara perorangan atau diproduksi secara berkelompok, memerlukan refleksi peserta didik, dan dievaluasi berdasarkan beberapa dimensi.
Langkah-langkah penilaian portofolio:
1. Guru menjelaskan secara ringkas esensi penilaian.
2. Guru atau guru bersama peserta didik menentukan jenis portofolio yang akan dibuat.
3. Peserta didik, baik sendiri maupun kelompok, mandiri atau di bawah bimbingan guru menyusun portofolio pembelajaran.
4. Guru menghimpun dan menyimpan portofolio peserta didik pada tempat yang sesuai, disertai catatan tanggal pengumpulannya.
5. Guru menilai portofolio peserta didik dengan kriteria tertentu.
6. Jika memungkinkan, guru bersama peserta didik membahas bersama dokumen portofolio yang dihasilkan.
7. Guru memberi umpan balik kepada peserta didik atas hasil penilaian portofolio.
4. Penilaian Tertulis
ü Tes tertulis berbentuk uraian atau esai
ü Menuntut peserta didik mampu mengingat, memahami, mengorganisasikan, menerapkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, dan sebagainya atas materi yang sudah dipelajari.
ü Tes tertulis berbentuk uraian sebisa mungkin bersifat komprehentif, sehingga bisa menggambarkan ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik.
Langkah-Langkah Pembelajaran dan hasil final pembelajaran kurikulum 2019
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, ialah sikap, pengetahuan, dan keterampilan :
a. Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi asuh supaya peserta didik “tahu mengapa.”
b. Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi asuh supaya peserta didik “tahu bagaimana”.
c. Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi asuh supaya peserta didik “tahu apa.”
Hasil akhirnya ialah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/
Posting Komentar untuk "Penilaian Autentik ; Penilaian Kinerja, Penilaian Projek, Evaluasiportofolio, Penilaian Tertulis, Dan Langkah-Langkah Serta Hasil Selesaipembelajaran Kurikulum 2019"