Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Peran Kepala Sekolah Sd, Smp, Sma / Smk Pada Pelaksanaankurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Salah satu unsur penentu keberhasilan penerapan kurikulum ialah efektivitas peran kepala sekolah dalam memenuhi standar pengelolaan. Tantangan utama bidang ini yaitu kepala sekolah memahami ruang lingkup tugasnya untuk mendukung penyelenggaran kurikulum 2019. 

Di samping itu, ia perlu menyikapi perubahan dengan tindakan manajemen yang berbeda dari pelaksanaan peran dalam menerapkan kurikulum sebelumnya.

Pada belahan ini dideskripsikan peran yang seharusnya kepala SD laksanakan dalam mewujudkan keunggulan mutu lulusan sesuai Permendikbud Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang meliputi dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pada kolom kedua berisi uraian peran kepala sekolah dalam mengarahkan sumber daya satuan pendidikannya dalam perencanaan pembelajaran. Pada kolom ketiga dideskripsikan peran kepala sekolah dalam mengarahkan dan mengendalikan proses pembelajaran dan evaluasi untuk menjamin efektivitas penyelenggaraan kurikulum berbasis aktivitas. Pada kolom keempat dideskripsikan model acara berguru dan produk berguru siswa pada tiap dimensi kompetensi.

Pada baris ke bawah terdapat penjelasan perihal kompetensi pada tiga dimensi, tindakan manajemen kepala sekolah dan dokumen yang perlu kepala sekolah kelola untuk mendukung ketersediaan data materi pertanggung jawaban penyelenggaraan program. Berbagai dokumen pendukung penyelenggaraan kurikulum 2019 dibutuhkan pula sebagai materi pengambilan keputusan.

Tingkat ketepatan data dan warta yang terhimpun dalam dokumen akan berpengaruh pada mutu keputusan yang kepala sekolah buat dalam mengelola perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program.

a. Model Pemetaan Tugas Kepala SD

Untuk mewujudkan keunggulan mutu lulusan sekolah yang dipimpinnya kepala sekolah perlu mengasah kompetensinya agar kapasitas dirinya mampu memenuhi kebutuhan melaksanakan kurikumlum 2019. Kepala sekolah dasar memiliki tantangan khas dalam perannya sebagai perencana, pelaksana,dan evaluator sebagai berikut:

Pelaksanaan acara yang tidak hanya sekedar mengubah dokumen, namun menjadi proses pembeharuan yang nyata dalam pembelajaran yang menyeimbangkan antara soft skill dan hard skill, pembelajaran tematik terpadu, meningkatkan acara siswa dalam berguru untuk menghasilkan produk berguru serta evaluasi yang tidak hanya fokus tes kognitif merupakan belahan yang perlu menerima pengawalan dari peran kepemimpinan kepala sekolah.

b. Model Pemetaan Tugas Kepala SMP

Untuk mewujudkan keunggulan mutu lulusan SMP kepala sekolah perlu fokus pada standar kompetensi yang perlu diperhatikan secara seimbang serta menjadi poros pelaksanaan aneka macam peran kepala sekolah.
Arah dari pelaksanaan peran ialah mewujudkan keunggulan mutu lulusan dalam dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Keunggulan targetnya dideskripsikan dalam standar kompetensi lulusan. Target keunggulan itu harus tercermin dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta penilaian. Kepala sekolah harus menjamin bahwa seluruh usaha perbaikan mutu pembelajaran berdampak pada perbaikan mutu berguru siswa.

Oleh alasannya yaitu itu, peran yang strategis kepala sekolah ialah memantau perkembangan hasil berguru siswa secara terencana untuk memastikan bahwa sasaran mutu lulusan yang sekolah harapkan terwujud. Pemantauan pada prinsipnya merupakan proses pengumpulan data sebagai materi perbaikan.

Peta di bawah ini mengatakan peran kepala sekolah dalam penerapan kurikulum 2019:

Sebagai konsekuensi perubahan melalui peningkatan usaha perbaikan pemenuhan standar kompetensi lulusan kepala SMP perlu mencermati tugas-tugasnya dalam penengelolaan sekolah yang lebih seksama dalam memperhatikan acara siswa berguru dan menghasilkan karya. Karena itu memperhatikan peningkatkan mutu proses pembelajaran perlu ditunjang dengan sistem perencanaan yang benar-benar fokus pada kebutuhan pengembangan kompetensi siswa, pelaksanaan pembelajaran yang lebih terkendali melalui perbaikan pelaksanaan supervisi, maupun pembaruan dalam sistem penilaian.

c. Model Pemetaan Tugas Kepala SMA/SMK

Untuk mewujudkan keunggulan mutu lulusan, kepala sekolah SMA/SMK perlu memperhatikan peran yang seharusnya kepala sekolah lakukan. Pada gambar di bawah terdapat model analisis peran yang menunjang pelaksanaan kurikulum 2019. Contoh pelaksanaan tindakan pada gambar berikut bukanlah ketentuan yang kaku dan mengikat. Kepala sekolah mampu menentukan kegiatan yang paling sesuai untuk keperluan sekolahnya.

Namun demikian model di bawah dibutuhkan mampu menginspirasi kepala sekolah untuk memperluas pemikiran perihal yang sebaiknya ia lakukan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum yang lebih efektif dengan lebih fokus pada usaha meningkatkan mutu lulusan melalui perbaikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Mengembangkan perencanaan pembelajaran yang lebih memenuhi kebutuhan pemenuhan karakter kurikulum 2019 yang lebih fokus pada penjaminan implementasi kurikulum berbasis acara siswa. Menjamin terlaksananya kegiatan berguru yang lebih menyeimbangkan pengembangan kopetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Beberapa acara manajemen yang perlu kepala sekolah lakukan tergambar pada baris tindakan manajemen. Di antaranya ialah menangani acara peminatan dan lintas minat serta menjamin kepala melaksanakan supervisi pembelajaran dan penilaian.

Sumber : Materi Diklat Implementasi Kurikulum 2019 Bagi Kepala Sekolah


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Struktur Peran Kepala Sekolah Sd, Smp, Sma / Smk Pada Pelaksanaankurikulum 2019"