Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Ajar Smppada Implementasi Kurikulum 2019

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Implementasi Kurikulum 2019, termasuk untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) berimplikasi model penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik. Penilaian pencapaian kompetensimerupakan proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi info untuk menentukan sejauhmana akseptor didik telah mencapai tujuan pembelajaran.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2019 tentang  Standar Penilaian Pendidikan, penilaian pencapaian kompetensi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan, pemerintah dan/atau lembaga mandiri.

Penilaian pencapaian kompetensi oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan, dan perkembangan pencapaian kompetensi akseptor didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang dibutuhkan secara  berkesinambungan. 

Penilaian juga sanggup mengatakan umpan balik kepada pendidik biar sanggup menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran.

Data yang diperoleh pendidik selama pembelajaran berlangsung dijaring dan dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi atau indikator yang akan dinilai. Melalui proses tersebut, diperoleh potret/profil kemampuan akseptor didik dalam mencapai sejumlah kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kurikulum masing-masing satuan pendidikan (SMP).

Penilaian oleh pendidik merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan info melalui sejumlah bukti yang mengatakan pencapaian kompetensi akseptor didik, pengolahan, dan pemanfaatan info perihal pencapaian kompetensi akseptor didik.

Penilaian pencapaian kompetensidilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan akseptor didik mengatakan apa yang dipahami dan bisa dikerjakannya. Pencapaian kompetensi seorang akseptor didik dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan hasil yang dimiliki akseptor didik tersebut sebelumnya dan tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan akseptor didik lainnya.  Dengan demikian akseptor didik tidak merasa dihakimi oleh pendidik tetapi dibantu untuk mencapai kompetensi atau indikator yang diharapkan.

Penyusunan perencanaan, pelaksanaan,pengolahan hasil penilaian, serta pemanfaatannya merupakan rangkaian kegiatan yang utuh dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Agar guru sanggup melakukan serangkaian kegiatan tersebut dengan baik, perlu ada panduan penilaian yang sanggup dijadikan sebagai salah satu contoh atau acuan bagi mereka.

Panduan penilaian ini bertujuan untuk:

1. Memberikan orientasi kepada para pendidiktentang penilaian pencapaian kompetensisesuai Kurikulum 2019;

2.   Memberikan rambu-rambu penilaian kompetensi pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
3.   Memberikan prinsip-prinsip pengolahan dan pelaporan hasil penilaian.

Isi panduan penilaian ini  mencakup antara lain penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilanserta model laporan hasil pencapaian kompetensi akseptor didik beserta petunjuk pengisiannya. Hal tersebut mencakup pengertian, cakupan, perumusan indikator, teknik penilaian dan bentuk instrumen, pelaksanaan penilaian, dan pengolahan hasil penilaian. 

Panduan penilaian ini diperuntukkan / sasaran terutama bagi:

1.   Para pendidik di SMP sebagai pedoman dalam menyusun rancangan dan pelaksanaan penilaian serta Laporan Hasil Pencapaian kompetensi;

2.   Pelaksana pengawasan pendidikan (pengawas dan kepala sekolah) untuk merancang  acara supervisi pendidikan yang berkaitan dengan penilaian di sekolah;

3.   Pihak-pihak lain yang terkait dengan penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik.

Salah satu parameter utama keberhasilan implementasi Kurikulum 2019 ialah tercapainya keefektifan pembelajaran, ialah dengan dicapainya tujuan pembelajaran oleh akseptor didik secara optimal sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut dibutuhkan penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik.

Melalui panduan  ini dibutuhkan pendidik sanggup menguasai penilaian pencapaian kompetensi akseptor didik, baik konsep, pengembangan dan penerapannya sesuai mata pelajaran yang diampunya. Pendidikyang baik tidak akan pernah berhenti mencar ilmu guna meningkatkan kompetensi dan kinerjanya.

Semoga, para pendidik diberi fasilitas dan hikmat dalam memahami panduan ini dan menerapkannya untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran dan penilaian. Pada akhirnya, akseptor didik sanggup mencapai kompetensi jasus pelajaran secara bermakna, luas dan mendalam serta sanggup menerapkannya pada banyak sekali konteks kehidupan sesuai dengan semangat Kurikulum 2019. Dengan demikian, upaya peningkatan mutu pendidikan yang berkeadilan sanggup tercapai.

Download / unduh Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Implementasi Kurikulum 2019 untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama selengkapnya, silahkan klik pada links berikut, dan untuk download (unduh) Model Rapor / Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kurikulum 2019 untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama selengkapnya, silahkan klik pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... ...!


Sumber https://www.duniaedukasi.my.id/

Posting Komentar untuk "Download Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Ajar Smppada Implementasi Kurikulum 2019"